Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Ilmiah Keperawatan Stikes Hang Tuah Surabaya menerima artikel dalam bidang:
  1. Manajemen Keperawatan (Management in Nursing)
  2. Keperawatan Medikal Bedah (Medical-surgical Nursing)
  3. Keperawatan Keluarga dan Komunitas (Family and Community Health Nursing)
  4. Keperawatan Gawat Darurat (Emergency and Trauma Nursing)
  5. Keperawatan Maternitas (Maternity Nursing)
  6. Keperawatan Anak (Pediatric Nursing)
  7. Keperawatan Jiwa (Mental Health Nursing)
  8. Keperawatan Gerontik (Geriatric Nursing)
  9. Keperawatan Holistik (Holistic Nursing)
  10. Kesehatan Masyarakat (Public Health)
  11. Sistem Informasi Kesehatan (Health Information System)

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Jurnal Ilmiah Keperawatan Stikes Hang Tuah Surbaya

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Case Report

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Jurnal Ilmiah Keperawatan STIKES Hang Tuah Surabaya menggunakan kebijakan double-blind review, di mana identitas penulis dan pemeriksa tetap dirahasiakan sampai manuskrip diterima untuk diedit dan dipublikasikan lebih lanjut.

Setiap naskah yang diajukan dievaluasi dengan dasar sebagai berikut:

  1. Keaslian kontribusinya terhadap bidang penerbitan ilmiah;
  2. Penggunaan teori dan metodologinya yang relevan dengan topik;
  3. Koherensi analisisnya;
  4. Kemampuannya untuk berkomunikasi dengan pembaca (tata bahasa dan gaya)
  5. Waktu yang digunakan untuk skrining dan evaluasi manuskrip adalah empat sampai enam bulan sejak tanggal penerimaan. Berdasarkan rekomendasi pemeriksa, Dewan Editorial Jurnal Ilmiah Keperawatan STIKES Hang Tuah Surabaya memiliki hak untuk memutuskan status artikel (baik diterima atau tidak). Artikel yang disampaikan ke Jurnal Ilmiah Keperawatan STIKES Hang Tuah Surabaya dapat menggunakan bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Namun, menulis abstrak dalam bahasa Inggris adalah suatu keharusan.

 

Publication Frequency

This journal published two times a year: Maret and Oktober.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Publication Ethics Statement

Etika Publikasi

Jurnal Ilmiah Keperawatan STIKES Hang Tuah Surabaya dengan menggunakan pedoman yang dikeluarkan oleh Komite Etika Publikasi (Komisi Etika Publikasi / COPE). JIKSHT mensyaratkan bahwa semua pasal yang melibatkan subyek manusia untuk menghormati prinsip-prinsip etika penelitian sebagaimana tercantum dalam Deklarasi Helsinki. Publikasi etis harus jelas agar dapat meningkatkan kualitas penelitian. JMK COPE menyesuaikan diri untuk memenuhi standar etika baik untuk penerbit, editor, penulis, dan pengulas.

Berikut adalah standar etika untuk editor, penulis, dan pengulas.

Editor

  • Editor harus bertanggung jawab atas setiap artikel yang dimuat di JIKSHT.
  • Editor harus membantu penulis untuk mengikuti Panduan untuk penulis.
  • Editor dapat berkomunikasi dengan editor lain dan pengulas dalam membuat keputusan akhir.
  • Seorang editor harus mengevaluasi manuskrip itu secara obyektif untuk dipublikasikan, menilai setiap kualitasnya tanpa memperhatikan kewarganegaraan, etnisitas, kepercayaan politik, ras, agama, jenis kelamin, senioritas, atau afiliasi institusional para penulis. Editor harus menolak penugasan bila ada potensi konflik kepentingan.
  • Editor perlu memastikan dokumen yang dikirim ke pemeriksa tidak mengandung informasi dari penulis, begitu pula sebaliknya.
  • Keputusan editor harus diinformasikan kepada penulis disertai komentar pengulas kecuali jika berisi ucapan ofensif atau fitnah.
  • Editor harus menghormati permintaan dari penulis bahwa seseorang tidak boleh meninjau penyerahannya jika alasan ini masuk akal dan praktis.
  • Editor dan semua staf harus menjamin kerahasiaan naskah yang diajukan.
  • Editor akan dipandu oleh diagram alir COPE jika ada dugaan salah atau kepengarangan yang disengketakan.

Peninjau

  • Reviewer mengkomentari kemungkinan kesalahan dalam penelitian dan publikasi etis.
  • Peninjau harus melakukan pekerjaan tepat waktu dan memberi tahu Editor jika mereka tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya.
  • Reviewer harus menjaga kerahasiaan manuskripnya.
  • Peninjau tidak boleh menerima dan meninjau manuskrip jika ada potensi benturan kepentingan antara mereka dan penulis.

Penulis

  • Penulis memastikan bahwa materi yang akan diterbitkan belum dipublikasikan dan dikirim ke tempat lain secara simultan
  • Penulis harus memastikan keaslian penelitian mereka dan mereka telah mengutip pendapat orang lain dengan benar sesuai dengan format referensi.
  • Penulis tidak terlibat dalam plagiarisme.
  • Penulis harus mengikuti kriteria yang dijelaskan dalam pedoman penulisan ke penulis JIKSHT.
  • Penulis tidak disarankan untuk mempublikasikan informasi pribadi apapun yang mungkin membuat identitas dikenali pasien dalam bentuk bagian deskripsi, foto atau silsilah. Bila foto pasien sangat penting dan sangat diperlukan sebagai informasi ilmiah, penulis telah mendapat persetujuan tertulis dan telah menyatakannya dengan jelas.
  • Dalam kasus percobaan pada manusia, penulis menyatakan bahwa penelitian tersebut sesuai dengan standar etika deklarasi Helsinki, yang memimpin eksperimen manusia. Jika ada keraguan mengangkat apakah studi berlangsung sesuai dengan deklarasi tersebut, maka penulis harus menjelaskannya. Dalam kasus percobaan pada hewan, penulis telah menyahkan bahwa penulis telah mengikuti panduan dan luar negeri berkenaan dengan percobaan hewan di laboratorium.
  • Penulis harus menyerahkan data dan rinciannya kepada editor, jika diduga pemalsuan atau pembuatan data.
  • Penulis harus menjelaskan segala hal yang dapat menimbulkan konflik kepentingan seperti pekerjaan, biaya penelitian, biaya konsultasi, dan kekayaan intelektual untuk pedoman bagi para penulis MKMI.

Kerahasiaan Editor

Editor JIKSHT memperlakukan naskah yang dikirimkan dan semua komunikasi dengan penulis dan wasit bersifat rahasia. Penulis juga harus memperlakukan komunikasi dengan jurnal sebagai rahasia. Korespondensi dengan jurnal, laporan penelaahan dan materi rahasia lainnya tidak boleh diposkan di situs web manapun atau dipublikasikan tanpa izin dari editor, terlepaskah penyampaiannya diterbitkan atau tidak.

Hak cipta

Hak cipta semua materi yang diterbitkan di JMK diselenggarakan secara eksklusif oleh Jurnal dan masing-masing pengarangnya. Setiap reproduksi materi dari Jurnal tanpa pengakuan atau izin sebelumnya akan mengakibatkan pelanggaran undang-undang kekayaan intelektual. Penerimaan tertulis dari perjanjian penerbitan jurnal diperlukan sebelum artikel tersebut dapat dipublikasikan.

Keluhan

Penulis yang mungkin memiliki keluhan tentang interaksi mereka dengan JMK harus mengirim e-mail ke Editor-in-Chief ke lp3m@stikeshangtuah-sby.ac.id atau journal@stikeshangtuah-sby.ac.id.

 

Screening for Plagiarism Policy

Untuk memastikan keaslian artikel, Jurnal Ilmiah Keperawatan STIKES Hang Tuah Surabaya menggunakan berbagai alat yang tersedia. Alat yang paling umum digunakan adalah mesin pencari google, turnitin.com or www.ithenticate.com. Pengecekan plagiarisme dilakukan dalam proses penyaringan naskah yang diajukan. Hanya manuskrip bebas plagiarisme yang nantinya dikirim ke editor yang ditugaskan untuk ditindaklanjuti dengan proses peninjauan. Artikel dengan tingkat plagiarisme kecil akan diberitahu untuk direvisi dan dikirim kembali, sedangkan manuskrip dengan masalah plagiarisme serius akan ditolak dan diarsipkan.

 

Plagiarism Policy

  • Plagiarisme dan plagiarisme sendiri tidak diperbolehkan.
  • Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya asli sepenuhnya, dan jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain yang telah dikutip atau dikutip dengan tepat.
  • Seorang penulis seharusnya tidak secara umum menerbitkan manuskrip yang pada dasarnya menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.
  • Pengakuan yang benar atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang telah berpengaruh dalam menentukan sifat dari karya yang dilaporkan.

Proses kerja:

  1. Tim editorial yang memeriksa manuskrip secara offline dan online secara manual (memeriksa kutipan dan kutipan yang tepat);
  2. Tim editorial yang memeriksa naskah menggunakan Crossover Similarity Check, iThenticate, dan Unplag;


Kami menggunakan C.O.P.E. flowchart untuk melakukan tindakan plagiarisme. (link)