Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dalam Penggunaan Media Sosial dan Motivasi Belajar Anak Usia 10-12 Tahun

Authors

  • Saskia Intan Pradani
  • Asep Iskandar
  • Lita Heni Kusumawardani Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.30643/jiksht.v17i2.158

Keywords:

Dukungan keluarga terhadap media sosial, motivasi belajar, anak usia 10-12 tahun

Abstract

Pendahuluan: Motivasi belajar media sosial dan dukungan keluarga penting bagi anak usia 10-12 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dukungan keluarga terhadap media sosial dengan motivasi belajar anak usia 10-12 tahun. Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Jumlah sampel adalah 50 anak usia 10-12 tahun di SDN 2 Purwonegoro dan SDN 5 Purwonegoro yang diambil melalui teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan analisis univariat, dan uji Somers'd. Hasil: Ditunjukkan bahwa responden penelitian berusia 10-12 tahun. Jenis kelamin laki-laki sebanyak 29 anak (58,0%). Mayoritas 24 anak memiliki dukungan keluarga dalam menggunakan media sosial dengan kategori sangat baik (48,0%) dan variabel motivasi belajar sebanyak 21 anak dengan kategori motivasi belajar tinggi (42,0%). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara dukungan keluarga dalam penggunaan media sosial dengan motivasi belajar anak usia 10-12 tahun. Kesimpulan: Ada hubungan antara dukungan keluarga media sosial terhadap motivasi belajar anak usia 10-12 tahun dengan kekuatan hubungan yang lemah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agata, A. K. 2016, ‘Gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa program studi ilmu keperawatan universitas diponegoro semarang’, Skripsi, Jurusan Keperawatan Universitas Diponegoro, Semarang.

Akram, W. & Kumar, R. 2017, ‘A study on positive and negative effects of social media on society, JCSE International Journal of Computer Sciences and Engineering, 5(10), pp. 2347–2693.

Ameliola, S. and Nugraha, D. 2013, 'Perkembangan media informasi dan teknologi terhadap anak dalam era globalisasi', Skripsi, Universitas Brawijaya, Malang.

Dariyo, A. 2004, Psikologi perkembangan dewasa muda, Grasindo, Jakarta. Djamarah, S. B. 2011, Psikologi belajar, Rineka Cipta, Jakarta.

Donsu,J.D.T. 2016, Metodologi Penelitian Keperawatan, PUSTAKA BARU PRESS, Yogyakarta.

Dyer, T. 2018, 'The effects of social media on children, DJIM. Available at: djim.management.dal.ca.

E. Mulyasa 2005, Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan, Remaja Rosda Karya, Bandung.

Erdiana, Y. 2015, ‘Dukungan keluarga dalam kunjungan lansia di posyandu lansia di desa karanglo lor kecamatan sukerejo kabupaten ponorogo’, Karya tulis ilmiah.

Fitri, S. 2017 ‘Dampak positif dan negatif sosial media terhadap perubahan sosial anak’, Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, pp. 118– 123.

Friedman 2011, Buku ajar keperawatan keluarga riset, teori, & praktik, EGC. Hamalik, O. 2011, Proses belajar mengajar, Bumi Aksara, Jakarta.

Hamzah, B. Uno. 2011, Teori motivasi dan pengukurannya: analisis di bidang pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Hartinah, I., Sriati, A. & Kosasih, C. E. 2019, ‘Gambaran tingkat gejala kecanduan media sosial pada mahasiswa keperawatan universitas padjadjaran’, Jurnal Keperawatan BSI, vol. 7, no. 1.

Heidyani, T. J., Ismanto, A. Y. & Babakal, A. 2013, ‘Hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar pada anak usia sekolah kelas iv dan v di sd negeri kawangkoan kalawat’, ejournal keperawatan (e-Kp), vol.1, no.1.

Inayah, S. 2016, Psikologi perkembangan masa puber dan remaja. Kominfo 2014, Pengguna internet di Indonesia mencapai 82.

Liu, R. & Chiang, Y.-L. 2016, ‘Who is more motivated to learn? The roles of Family background and teacher-student interaction in motivating student learning’, The Journal of Chinese Sociology, 6(6).

Lutfiyah, A. 2020 'Gambaran kontrol penggunaan smartphone oleh orang tua pada siswa sd', Skripsi, Jurusan Keperawatan, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Nediawati, D. 2016, 'Hubungan dukungan sosial keluarga dengan motivasi belajar pada siswa smp'. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Notoatmodjo, S. 2012, Metodologi penelitian kesehatan, 2nd edn, Rineka Cipta, Jakarta.

Notoatmodjo, S. 2018, Metodologi penelitian kesehatan. PT Rineka Cipta, Jakarta.

Nursalam 2008, Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan, Salemba Medika, Jakarta.

Pertiwi, S. A. B. & Hidayati, E. 2018, ‘Kecanduan media sosial terhadap motivasi belajar pada remaja di sma muhammadiyah 1 semarang kecamatan candisari kota semarang’, Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat STIKES Cendekia Utama Kudus, vol. 7, no. 2.

Purnawan 2008, Dukungan keluarga, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung. Purwanto 2011, Evaluasi Hasil Belajar, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Rahmi 2012, ‘Konsep diri, Motivasi Belajar Siswa Membolos dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling Padang: Program Pascasarjana UNP Padang.’

Samudrra, A. D. 2018, 'Hubungan dukungan keluarga dengan kemandirian perawatan diri pasien skizofrenia di kecamatan geger kabupaten madiun', Skripsi, Keperawatan, Stiker Bhakti Husada Mulia Madiun.

Santrock, J. 2012, Life-Span Development (perkembangan masa hidup). 13th edn. Edited by B. Widyasinta, Erlangga, Jakarta.

Sarafino, E. P., T. W. S. 2011, Health Psychology: Biopsychosocial Interactions, 7th edn. They were edited by A. S. J. Wiley and I. & Sons.

Saragi, M. P. D., Iswari, M. dan Mudjiran 2016, ‘Kontribusi Konsep Diri Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dan Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan Dan Konseling’, Jurnal Konselor, 5(1).

Sarayati, S. 2016, 'Analisis faktor perilaku seksual pada anak sd di sdn dukuh kupang ii-489 kecamatan dukuh pakis kelurahan dukuh kupang surabaya'.

Sardiman 2014, Interaksi dan motivasi belajar mengajar, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sari, C. D. J. 2010, 'Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SMK dua mei ciputat'. Skripsi, Jurusan Kependidikan Islam, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Sunday 2017, ‘The Impact of using Gadgets on Children,’ Journal of Depression And Anxiety, 7(1), pp. 1–3.

Syamsoedin, W. K. P., Bidjuni, H. & Wowiling, F. 2015, ‘Hubungan durasi penggunaan media sosial dengan kejadian insomnia pada remaja di sma negeri 9 manado’, ejournal keperawatan (e-Kp), vol. 3, no.1.

Published

2022-10-27

Similar Articles

61-70 of 96

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)